Sejarah Singkat

cropped-BKD-KOBAR-ORI.jpg

SEJARAH SINGKAT

A. Sejarah Singkat Badan Kepegawaian Kabupaten Kotawaringin Barat.
Kabupaten Kotawaringin Barat adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Pangkalan Bun. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 10.759 km² dan berpenduduk sebanyak 189.407 jiwa pada tahun 2004. Semboyan kabupaten ini adalah Marunting Batu Aji. Terdiri enam kecamatan:

1)      Kotawaringin Lama

2)      Arut Selatan

3)      Arut Utara

4)      Kumai

5)      Pangkalan Lada

6)      Pangkalan Banteng

Kotawaringin Barat berasal dari Kata “Kutawaringin” dan “Barat”. Kuta berarti Gapura, Waringin berarti Pohon Beringin yang bermakna Pengayoman, sedangkan Barat berasal dari pembagian tempat. Secara keseluruhan Kotawaringin Barat berarti “Gapura Pengayoman di Sebelah Barat”. Pembentukan Kotawaringin Barat diawali dengan terbentuknya Propinsi Kalimantan Tengah berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor: Up.34/41/24, tanggal 28 Desember 1957 dan SK. Nomor: Des.52/12/2.206, tanggal 22 Desember 1959 Tentang Pembagian Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Layaknya wilayah Kabupaten di Indonesia lainya Kotawaringin Barat memiliki sistem Pemerintahan, sebagai sebuah Kabupaten, Kotawaringin Barat memiliki sistem pemerintahan sesuai Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Barat adalah salah satu bagian dari sekian banyak instansi Pemerintahan yang ada pada Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat, sebagai salah satu Instansi Pemerintah Dearah Kotawaringin Barat, Badan Kepegawaian telah mengalami perubahan nama dan tempat sebanyak 3 kali, berdasarkan Perda No 24 Tahun 1979, Perda No 26 Tahun 1983 dan Perda No 25 Tahun 2000, Badan Kepegawaian Dearah saat ini merupakan kelanjutan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya. Pada mulanya pengelolaan kepegawaian dilakukan oleh Bagian Personalia yang ditetapkan dengan peraturan daerah (Perda) Kotawaringin Barat No

Adapun tugas pokok Bagian Personalia adalah mengerjakan testing pengangkatan, pemberhentian, pemindahan, kenaikan pangkat dan menyelesaikan administrasinya, mengurus pemberian uang jalan tetap, deklarasi biaya dan pinjaman uang untuk pembelian kendaraan, mengurus pensiun dan tunjangan pegawai Bagian personalia dipimpin oleh seorang kepala Bagian yang membawahi 3 bagian, Bagian Umum, Bagian Mutasi, Bagian Pengembangan terletak di kantor sekretariat Daerah Jln. Sutan Syahrir No. 4 Pangkalan Bun.

Berdasarkan Surat Keputusan  Kepala Daerah Kotawaringin Barat No.

Tentang Susunan Organisasi dan tata kerja Sekretariat Daerah Kotawaringin Barat maka Bagian Personalia berubah menjadi Bagian Kepegawaian dan masih menempati Gedung yang sama dengan bertambahnya jumlah bagian menjadi 4 bidang bertambah satu bidang yakni bidang diklat.

Dengan diberlakukanya Otonomi Daerah No 22 tahun 1999 tentang pemerintahan daerah dalam rangka untuk menyelenggarakan Pemerintahan dan Pembangunan diperlukan adanya perangkat daerah yang terdiri dari Dinas Daerah, Lembaga Teknis Daerah dan Sekretaris Daerah. Bagian kepegawaian yang semula berada dibawah sekretariat daerah kemudian berubah menjadi lembaga teknis daerah dengan nama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotawaringin Barat yang ditetapkan berdasarkan Perda Kotawaringin Barat No

Tentang pembentukan lembaga teknis daerah dilingkungan pemerintah kabupaten Kotawaringin Barat.

Badan Kepegawaian Daerah ini menempati tempat pada gedung baru tang berada pada Jalan yang sama hanya berbeda tempat. Kemudian pada tahun 2002 dipindahkan di jalan yang sama dan menempati gedung bekas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kotawaringin Barat.

Dengan diberlakukanya PP No 41 Tahun 2007 dan Perda No 19 Tahun 2008 mengenai Organisasi perangkat Daerah, maka diadakan perampingan Organisasi, adapun perampingan Organisasi yang terjadi pada Badan Kepegawaian dirampingkan menjadi 4 bagian dan 1 sekretaris yakni sekretariat, Kepala Bidang Diklat, Kepala Bidang Pengembangan Karier, Kepala Bidang Mutasi dan Data serta Kepala Bidang Pembinaan Aparatur

Seiring dengan berjalanya waktu Badan Kepegawaian telah mengalami 6 (enam) kali perubahan pimpinan atau 6 (enam) kali kepemimpinan yakni :

1.   Drs. BAKHRIAN BUSRA

       Pada tanggal  17 Mei 2001 Drs. BAKHRIAN BUSRA ditunjuk sebagai Kepala Badan Kepegawaian  Kabupaten Kotawaringin Barat yang pertama kali.

2.    Dra. H. TAWIN SARIMAN

       Pada tanggal 28 Nopember 2003 Dra. H. TAWIN SARIMAN ditunjuk sebagai Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Kotawaringin Barat yang kedua

3.    Drs. WAHYUDI, M.Si

       Pada tanggal 1 April 2006, Drs.WAHYUDI, M.Si ditunjuk sebagai Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Kotawaringin Barat yang ketiga, sampai dengan 29 Desember 2007.

4.    Drs. IKHWANUDIN, M.Si

       Pada tanggal 29 Desember 2007, Drs. IKHWANUDIN, M.Si ditunjuk sebagai Kepala  Badan Kepegawaian Kabupaten Kotawaringin Barat yang keempat, sampai dengan 28 Februari 2010

5.    SUYANTO SH,

       Pada tanggal 19 Februari 2010 , SUYANTO SH ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Kotawaringin Barat yang kelima, 01 Agustus 2010.

6.    Drs. GUSTI M. IMANSYAH, M.Si,

       Pada tanggal 02 Agustus 2010, ditunjuk sebagai Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Kotawaringin Barat yang keenam, 18 Desember 2013.

7.    Drs. TENGKU ALI SYAHBANA, M.Si,

       Pada tanggal 18 Desember 2013, ditunjuk sebagai Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Kotawaringin Barat yang ketujuh, sampai dengan sekarang.

.

B.  Struktur Organisasi
Adapun susunan organisasi Badan Kepegawaian terdiri dari :

1.         Kepala Badan

2.         Sekretaris, membawahi :

v  Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan;

v  Sub Bagian Keuangan; dan

v  Sub Bagian Perencanaan dan Pengendalian Program.

3.         Kepala Bidang Diklat, membawahi :

v  Sub Bidang Diklat Kepemimpinan, Teknis dan Fungsional;

v  Sub Bidang Pengembangan Diklat

4.         Kepala Bidang Mutasi dan Data, membawahi :

v  Sub Bidang Mutasi ;

v  Sub Bidang Data dan Informasi.

5.         Kepala Bidang Pengembangan, membawahi :

v  Sub Bidang Jabatan;

v  Sub Bidang Formasi.

6.         Kepala Bidang Pembinaan Aparatur, membawahi :

v  Sub Bidang Disiplin;

v  Sub Bidang Kesejahteraan.

C. Uraian Tugas  Badan Kepegawaian
Adapun tugas pokok Badan Kepegawaian  Kabupaten Kotawaringin Barat adalah sebagai berikut  :

a.      Badan Kepegawaian adalah lembaga daerah yang bertugas dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati Kotawaringin Barat

b.      Membantu Kepala Daerah selaku pejabat pembina Kepegawaian dalam seluruh tahapan Proses manajemen pegawai Neger Sipil daerah yaitu meningkatkan efisiensi, efektifitas dan derajat profesionalisme, penyelenggara tugas dan kewajiban pegawai yang meliputi perencanaan, pengadaan, pengembangan, promosi, penggajian, kesejahteraan dan pemberhentian  PNSD.

dan tugas masing-masing Bidang sebagai berikut :

(1).   KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN

a.    Tugas Pokok

Memimpin, membina, mengkoordinasikan, merencanakan serta menetapkan program kerja, tata kerja dan mengembangkan semua kegiatan di bidang kepegawaian dan diklat serta bertanggung jawab atas terlaksananya tugas pokok Badan Kepegawaian dan Diklat dalam rangka menbantu Kepala Daerah sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian untuk melaksanakan manajemen PNS.

b.    Fungsi

1)        Perumusan bahan pembinaan dan Kebijakan teknis di bidang kepegawaian dan diklat.

2)        Penyiapan dan penyusunan program peningkatan kualitas PNSD antara lain melalui pendidikan dan pelatihan.

3)        Pelaksanaan koordinasi kebijakan dibidang diklat struktural, teknis administrasi/substantif DEPDAGRI, Fungsional, Kemasyarakatan dan teknis Sektoral.

4)        Penyusunan peraturan perundang-undangan daerah dibidang kepegawaian dan diklat sesuai dengan norma, standar dan prosedur yang ditetapkan pemerintah, penyiapan dan pelaksanaan pengadaan pengangkatan, pemindahan, pemberhentian serta kebijakan teknis pengembangan PNS.

5)        Penyelenggaraan administrasi kepegawaian serta pengolahan sistem informasi kepegawaian daerah.

6)        Penyiapan, pelaksanaan, pengolahan dan penyajian data dan informasi kepegawaian daerah.

7)        Penyiapan dan pelaksanaan pembinaan disiplin dan peningkatan kesejahteraan PNS.

8)        Pelaksanaan koordinasi dan bimbingan kelompok jabatan fungsional.

9)        Pembinaan dan penyelenggaraan tugas-tugas kesekretariatan Badan Kepegawaian dan Diklat.

10)    Pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta pelaporan tugas dan fungsi Badan Kepegawaian dan Diklat.

(2).    SEKRETARIAT

a.     Tugas Pokok

Mengkoordinasikan pelayanan administrasi Kepegawaian, keuangan, perencanaan, pengadaan, perlengkapan, perbekalan serta urusan rumah tangga dan tata usaha BK dan Diklat dalam rangka pelaksanaan semua fungsi dan kegiatan Badan Kepegawaian dan Diklat.

b.     Fungsi

1)        Membantu Kepala BK dalam melaksanakan tugasnya.

2)        Menkoordinasikan penyusunan rencana kegiatan/program kerja tahunan dan pelaksanaan kegiatan di Lingkungan BK.

3)        Pengumpulan data, pelaksanaan analisa dan evaluasi serta pelaporan dan pengendalian program BK dan Diklat.

4)        Mengelola urusan tatausaha, kepegawaian dan urusan perlengkapan serta urusan rumah tangga.

5)        Mengkoordinasikan administrasi surat menyurat.

6)        Mengkoordinasikan pelaksanaan pelantikan jabatan, pengambilan sumpah/janji PNS.

7)        Mengelola urusan keuangan.

8)        Penyiapan bahan ketentuan peraturan perundangan-undangan dibidang kepegawaian dan Diklat.

9)        Membagi tugas atau kegiatan kepada bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas.

10)    Memeriksa hasil kerja bawahan tentang pelaksanaan tugas dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku.

11)    Membuat laporan hasil kegiatan kepada atasan.

12)    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

c.     Sekretariat Badan Kepegawaian terdiri dari :

1).   Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan

2).   Sub Bagian Perencanaan dan Pengendalian Program

3).   Sub Bagian Keuangan

d.     Sub-Sub Bagian dimaksud masing-masing dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Sekretaris Badan Kepegawaian.

1).   Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan

a.    Tugas Pokok

Sub Bagian umum, Kepegawaian dan Perlengkapan  BK  mempunyai tugas melaksanakan urusan kepegawaian, surat menyurat dan karsipan, pengelolaan inventaris kantor, urusan rumah tangga, perlengkapan dan perjalanan dinas.

b.    Fungsi.

1)            Membantu sekretaris dalam melaksanakan tugasnya.

2)            Menyelenggarakan urusan kepegawaian dan perlengkapan.

3)            Melaksanakan urusan surat menyurat, ekspedisi dan kearsipan.

4)            Melaksanakan inventarisasi kebutuhan dan pendistribusian ATK.

5)            Melaksanakan pemeliharaan dan penghapusan arsip kantor.

6)            Melakukan penyimpanan, pendistribusian, perawatan dan usulan penghapusan barang-barang kantor.

7)            Pelaksanaan administrasi perjalanan dinas.

8)            Pengelolaan sarana prasarana dan inventaris kantor.

9)            Membagi tugas atau kegiatan kepada bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas.

10)        Memeriksa hasil kerja bawahan tentang pelaksanaan tugas dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku.

11)        Membuat laporan hasil kegiatan kepada atasan.

12)        Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

2).  Sub Bagian Perencanaan dan Pengendalian Program

a.   Tugas Pokok

Melakukan kompilasi dan penyajian bahan penyusunan rencana program, melaksanakan evaluasi atas hasil pelaksanaan tugas dan fungsi serta menyusun laporan pelaksanaan program kegiatan dilingkungan  Badan Kepegawaian.

b.   Fungsi.

1)        Membantu sekretaris dalam melaksanakan tugasnya.

2)        Mengkoordinasi, menkompilasi dan penyelesaian penyusunan program BKD Kab. Kobar.

3)        Penyusunan rencana anggaran kegiatan dan program bidang – bidang , Sekretariat BKD Kab. Kobar.

4)        Pelaksanaan pengendalian/pemantauan, evaluasi serta pelaporan program kegiatan.

5)        Menyusun RKBU dan RTBU rutin dan pembangunan.

6)        Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.

7)        Membagi tugas atau kegiatan kepada bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas.

8)        Memeriksa hasil kerja bawahan tentang pelaksanaan tugas dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku.

9)        Membuat laporan hasil kegiatan kepada atasan.

10)    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

3).   Sub Bagian Keuangan

a.     Tugas Pokok

Mengelola administrasi keuangan, mengkoordinir, membimbing dan membina bendaharawan rutin/gaji/Penerima serta pejabat pengelola keuangan BK dan Diklat.

b.  Fungsi

1)            Membantu Sekretaris dalam melaksanakan tugasnya

2)            Menyusun anggaran rutin

3)            Pelaksanaan administrasi keuangan.

4)            Pelaksanaan bimbingan, pembinaan dan pengawasan kepada bendaharawan rutin/gaji/penerima dan pejabat pengelola keuangan.

5)            Menyusun rencana anggaran pendapatan belanja rutin sesuai dengan kebutuhan.

6)            Menyusun DIKDA berdasarkan APBD yang telah ditetapkan.

7)            Mengkoordinasikan pelaksanaan, pemyimpanan, pertanggungjawaban dan pembukuan keuangan.

8)            Memantau dan mengevaluasi pelaksanan anggaran rutin dan program.

9)            Pelaksanaan pengawasan terhadap bendaharawan rutin/gaji/penerima dan pejabat pengelola keuangan.

10)        Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan penggunaan anggaran.

11)        Membagi tugas atau kegiatan kepada bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas.

12)        Memeriksa hasil kerja bawahan tentang pelaksanaan tugas dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku.

13)        Membuat laporan hasil kegiatan kepada atasan.

14)        Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

(3).    BIDANG PENDIDIKAN DAN LATIHAN

a.      Tugas Pokok

Mempersiapkan bahan , melaksanakan analisa telaahan kediklatan,  perumusan rencana program kediklatan ,  pelaksanaan pendidikan dan pelatihan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.

b.   Fungsi

1.        Penyiapan dan melaksanakan penyusunan rencana program pendidikan dan latihan.

2.        Mengkoordinasikan pelaksanaan pendidikan dan latihan Manajemen Pemerintahan , penjenjangan dan teknis fungsional di lingkungan pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.

3.        Melaksanakan analisa kebutuhan pendidikan dan latihan

4.        Menyusun rencana program kerja serta pola pendidikan dan latihan jangka panjang, jangka menengah dan tahunan.

5.        Menyusun dan pengembangan kurikulum , methode dan teknis serta standarisasi pendidikan dan latihan.

6.        Mengevaluasi hasil pelaksanaan  pendidikan dan latihan serta menyusun laporan dan dokumentasi.

7.        Menyusun pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan pendidikan dan latihan.

8.        Mengatur penyiapan bahan pembelajaran dan alat instruksi pendidikan dan latihan

9.        Menyusun pendataan dan penetapan kualifikasi pengajar, siswa dan mengikuti perkembangan alumni.

10.    Membagi Tugas kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas.

11.    Memberi petunjuk kepada bawahan tentang pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan.

12.    Memeriksa hasil kerja bawahan tentang pelaksanaan tugas dan berpedoman pada petunjuk atau ketentuan yang berlaku.

13.    Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan.

14.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

c.         Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Badan Kepegawaian  terdiri dari :

1).  Sub Bidang Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan, Teknis dan Fungsional

2). Bidang Pengembangan Pendidikan dan Latihan

d.        Sub-Sub Bidang dimaksud masing-masing dipimpin oleh Kepala Sub Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)  Badan Kepegawaian.

1).   Sub Bidang Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan, Teknis dan Fungsional

a           Tugas Pokok :

Mempersiapkan bahan untuk rencana pelaksanaan pendidikan dan pelatihan Kepemimpinan, pendidikan dan pelatihan Teknis serta Pendidikan Pelatihan Fungsional PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, pendataan dan pembinaan alumni.

b          F u n g s i

1).         Penyiapan rencana dan program pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, Teknis dan Fungsional.

2).         Mempersiapkan penyusunan rencana pelaksanaan, bahan pembelajaran ,  alat bantu diklat dan tenaga pengajar diklat Kepemimpinan, Teknis dan Fungsional.

3).         Menyusun pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan pendidikan dan pelatihan serta pengelolaan administrasi pengajaran/pelatihan lainnya.

4).         Mengkaji dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan diklat Kepemimpinan, Teknis dan Fungsional.

5).         Pengelolaan data dan kualifikasi tenaga pengajar , calon peserta diklat serta alumni peserta diklat Kepemimpinan, Teknis dan Fungsional.

6).         Menyusun dan membuat daftar Pegawai Negeri Sipil yang belum mengikuti pendidikan dan latihan Kepemimpinan.

7).         Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana pelaksanaan pendidikan dan latihan bagi masyarakat umum lingkup Organisasi Masyarakat dan Organisasi Politik.

8).         Menyiapkan hasil pelaksanaan diklatpim , teknis dan fungsional sebagai bahan evaluasi laporan dan dokumentasi.

9).         Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.

2).   Bidang Pengembangan Pendidikan dan Latihan

a.    Tugas Pokok :

Mempersiapkan bahan untuk rencana dan pelaksanaan Pengembangan pendidikan dan pelatihan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, pendataan dan pembinaan alumni.

b.       F u n g s i

1)             Penyiapan rencana dan program serta analisa pengembangan pendidikan dan pelatihan.

2)             Menyiapkan pertimbangan  PNS yang mengajukan permohonan Tugas Belajar dan Ijin Belajar .

3)             Mempersiapkan data dan bahan rencana mengikuti seleksi serta penetapan PNS Tugas Belajar.

4)              Mempersiapkan administrasi dan persyaratan lain untuk  Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat yang akan melaksanakan kegiatan tugas belajar.

5)             Mempersiapkan adminitrasi untuk pencairan dana bantuan PNS selama melaksanakan Tugas Belajar.

6)             Membuat Surat Keputusan Penempatan Kembali Bagi PNS yang telah selesai melaksankan Tugas Belajar.

7)             Pengelolaan data PNS yang mengikuti pendidikan melalui pemberian ijin belajar.

8)             Membuat Surat Ijin Belajar bagi PNS yang telah disetujui untuk mengikuti pengembangan pendidikan melalui Ijin Belajar.

9)             Melakukan pendataan bagi PNS yang akan mengikuti ujian dinas dan ujian penyesuaian ijazah.

10)         Menyiapkan hasil pelaksanaan kegiatan pengembangan diklat sebagai bahan evaluasi , laporan dan dokumentasi.

11)         Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.

(4).     BIDANG PENGEMBANGAN

a.        Tugas Pokok

Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan melaporkan program pengangkatan, pemindahan, pemberhentian dari dan dalam jabatan, serta  penyusunan formasi Pegawai Negeri Sipil Daerah.

b.        Fungsi

1)        Penyiapan bahan pengangkatan, pemindahan, pemberhentian dari dan dalam jabatan PNS Daerah.

2)        Penyusunan formasi PNS Daerah.

3)        Membuat program kerja Bidang Pengembangan.

4)        Memproses pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian dari dan dalam jabatan PNS Daerah.

5)        Memproses penyusunan formasi PNS Daerah.

6)        Membagi tugas kepada bawahan.

7)        Memeriksa hasil kerja bawahan.

8)        Memberikan saran kepada atasan

9)        Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

c.         Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian terdiri dari :

1).  Sub Bidang Jabatan

2).  Sub Bidang Formasi

d.             Sub-Sub Bidang dimaksud masing-masing dipimpin oleh Kepala Sub Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bidang Pengembangan  Badan Kepegawaian.

1).   Sub Bidang Jabatan

a.         Tugas Pokok

Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan melaporkan program pengangkatan, pemindahan, pemberhentian  dari dan dalam jabatan PNS Daerah.

b.      Fungsi

1)        Penyiapan bahan pengangkatan dari dan dalam jabatan PNS Daerah.

2)        Penyiapan bahan pemindahan dari dan dalam jabatan PNS Daerah.

3)        Penyiapan bahan pemberhentian dari dan dalam jabatan PNS Daerah.

4)        Membuat program kerja Sub Bidang Jabatan.

5)        Memproses pengangkatan dari dan dalam jabatan PNS Daerah.

6)        Memproses pemindahan dari dan dalam jabatan PNS Daerah.

7)        Memproses pemberhentian dari dan dalam jabatan PNS Daerah.

8)        Membagi tugas kepada bawahan.

9)        Memeriksa hasil kerja bawahan.

10)    Memberikan saran kepada atasan.

11)    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

2).   Sub Bidang Formasi

a.    Tugas Pokok

Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan melaporkan program penyusunan formasi PNS Daerah.

b.      Fungsi

1)        Penyiapan bahan penyusunan formasi PNS Daerah.

2)        Penyiapan penetapan formasi PNS Daerah.

3)        Penyiapan pelaksanaan pengadaan CPNS Daerah.

4)        Penyiapan pengangkatan CPNS Daerah.

5)        Penyelenggaraan pindah PNS Daerah dalam daerah.

6)        Penyelenggaraan pemberian formasi pindah PNS antar daerah.

7)        Membuat program kerja Sub Bidang Seleksi.

8)        Memproses penyusunan formasi PNS Daerah.

9)        Memproses pengadaan CPNS Daerah.

10)    Meemproses pengangkatan CPNS Daerah.

11)    Memproses usul pindah PNS Daerah dalam daerah.

12)    Memproses pemberian formasi pindah PNS antar daerah.

13)    Membagi tugas kepada bawahan.

14)    Memeriksa hasil kerja bawahan.

15)    Memberi saran kepada atasan.

16)    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

(5).     BIDANG MUTASI DAN DATA

a.     Tugas Pokok :

         Menyiapkan bahan dan memfasilitasi proses mutasi kepangkatan, peninjauan masa kerja, peningkatan pendidikan/ pencantuman gelar/ penyesuaian ijazah, dan menyiapkan bahan dalam rangka melaksanakan pembangunan dan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Daerah (Simpegda), serta pengelolaan arsip kepegawaian daerah.

b.        Fungsi :

1)        Menyelenggarakan dan menyelesaikan Usul Kenaikan Pangkat PNSD di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

2)        Menyelenggarakan dan menyelesaikan usul peninjauan masakerja PNSD di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

3)        Menyelenggarakan dan menyelesaikan usul peningkatan pendidikan/ pencantuman gelar/ penyesuaian ijazah bagi PNSD di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

4)        Membangun dan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat.

5)        Menghimpun, mengolah dan melaksanakan pemutakhiran database kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

6)        Menyimpan dan memelihara informasi/ dokumen/ arsip kepegawaian PNSD di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

7)         Membuat dan menyajikan informasi kepegawaian berupa Daftar Urut Kepagkatan (DUK), Daftar Nominatif, Bezetting Pegawai, Daftar Golongan/ruang, Daftar Jabatan/ Eselonering dan Daftar Pendidikan PNSD di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

8)        Memproses penerbitan Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP-3) pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

9)        Menyiapkan telaahan staf dan saran pertimbangan kepada atasan.

10)    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

c.        Bidang Mutasi dan Data Badan Kepegawaian terdiri dari :

1).   Sub Bidang Mutasi

2).   Sub Bidang Data dan Informasi

d.     Sub-Sub Bidang dimaksud masing-masing dipimpin oleh Kepala Sub Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bidang Mutasi dan Data  Badan Kepegawaian.

1).  Sub Bidang Mutasi

a.       Tugas Pokok :

Menyiapkan bahan, data dan informasi serta memfasilitasi proses kenaikan pangkat, Peninjauan Masa Kerja (PMK), peningkatan pendidikan/penyesuaian ijazah/pencantuman gelar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

b.      Fungsi :

1)        Menyelenggarakan Usul Kenaikan Pangkat (UKP)bagi PNSD di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

2)        Menginfentarisir PNSD yang akan diusulkan kenaikan pangkatnya dan menyampaikan surat pemberitahuan serta permintaan kelengkapan berkas UKP.

3)        Menerima dan memeriksa berkas UKP.

4)        Menyiapkan nota UKP.

5)        Menyampaikan usul kenaikan pangkat PNSD ke Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin.

6)        Memproses naskah keputusan kenaikan pangkat.

7)        Menyiapkan penyerahan SK kenaikan pangkat.

8)        Menerima dan mempelajari setiap usulan Peninjauan Masa Kerja (PMK) bagi PNSD.

9)        Memeriksa usul PMK.

10)    Menyiapkan nota usul PMK.

11)    Menyampaikan usul PMK ke Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin.

12)    Memproses naskah keputusan PMK.

13)    Menyiapkan penyerahan SK Peninjauan Masa Kerja.

14)    Menerima dan memeriksa berkas usul peningkatan pendidikan/ pencantuman gelar/ penyesuaian ijazah bagi PNSD.

15)    Menyiapkan penyerahan Surat Keterangan Peningkatan Pendidikan/ Pencantuman Gelar/ Penyesuaian Ijazah.

16)    Menyiapkan proses penerbitan Surat Keterangan Peningkatan pendidikan, pencantuman gelar, penyesuaian ijazah.

17)    Menerima, memproses usul penetapan status PNS (overhang).

18)    Memproses penerbitan SK penyesuaian ijazah dan pencantuman gelar.

19)    Membagi tugas kegiatan dan memberi petunjuk kepada bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas.

20)    Memeriksa hasil pekerjaan/ pelaksanaan tugas bawahan mengacu pada pedoman, petunjuk dan ketentuan yang berlaku.

21)    Melaporkan hasil kegiatan kepada atasan.

22)    Menyiapkan telaahan staf dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan.

23)    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

2).   Sub Bidang Data dan Informasi

a.  Tugas Pokok :

Menyiapkan bahan pendataan serta melaksanakan pengelolaan data dan informasi kepegawaian.

b.    Fungsi :

1)        Menyiapkan blanko formulir yang diperlukan dalam pendataan.

2)        Mentransformasikan dokumen kedalam formulir isian pegawai.

3)        Mendata, menginventarisir dan menghimpun data kepegawaian PNSD dan CPNSD di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

4)        Menginventarisir pegawai tenaga guru, penilik, pengwas, penjaga sekolah dan tenaga administrasi sekolah di lingkungan kependidikan.

5)        Menginvertarisir pegawai tenaga medis, fungsional dan non fungsional di lingkungan kesehatan.

6)        Memasukkan (entry) database kepegawaian CPNSD dan PNSD dalam rangka membangun Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Kabupaten Kotawaringin Barat.

7)        Memperbaiki (editing) dan atau memutakhirkan (updating) database dalam rangka mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Kabupaten Kotawaringin Barat.

8)        Me-nonaktif-kan database kepegawaian PNSD yang tidak aktif lagi karena pensiun, meninggal dunia atau diberhentikan.

9)        Merencanakan, menyiapkan dan menyusun DUK yang ditetapkan setiap akhir tahun berjalan dan digunakan/ berlaku untuk tahun berikutnya.

10)    Meneliti pernyataan ketidakpuasan atas penetapan DUK.

11)    Merencanakan, menyiapkan dan menyusun Daftar Nominatif PNSD yang ditetapkan pada akhir semester I untuk keadaan bulan Januari s/d Juni tahun berjalan.

12)    Merencanakan, menyiapkan dan menyusun Daftar Nominatif PNSD yang ditetapkan pada akhir semester II untuk keadaan Juli s/d Desember tahun berjalan.

13)    Menyusun daftar nominatif pegawai yang sebagai sebagai bahan rapat Baperjakat.

14)    Menyusun daftar golongan/ ruang PNSD di lingkungan Penerintah Kabupaten.

15)    Menyusun daftar jabatan/ eselonering PNSD di lingkungan Penerintah Kabupaten.

16)    Menyusun daftar tingkat pendidikan formal terakhir PNSD di lingkungan Penerintah Kabupaten.

17)    Mencatat dokumen kedalam buku pengendalian.

18)    Menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dalam rangka pembangunan dan pengembangan arsip kepegawaian PNSD di lingkungan Penerintah Kabupaten.

19)    Menghimpun dan mengarsipkan dokumen antaralain berupa fotokopi Surat Keputusan, Ijazah, Setifikat Kediklatan/ Kursus, Piagam Penghargaan, Karpeg, Karis/ Karsu, Taspen serta dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan kepegawaian.

20)    Menambahkan dokumen kepegawaian dalam rangka pengembangan arsip kepegawaian.

21)    Menyusun/ menata/ mengatur arsip (odner) kepegawaian berdasarkan pengelompokan menurut Unit Kerja/ NIP/Pangkat/ Golongan.

22)    Memisahkan arsip (odner) kepegawaian PNSD yang tidak aktif lagi karena pensiun, meninggal dunia atau diberhentikan.

23)    Menyimpan dan memelihara arsip kepegawaian.

24)    Melakukan pelayanan informasi kepegawaian kepada PNSD dan masyarakat.

25)    Menerbitkan daftar isian kepegawaian secara periodik.

26)    Memproses penerbitan Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP-3) Sekda, Asisten, Kepala Dinas/ Badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

27)    Menginventarisir DP-3 PNSD di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

28)    Membagi tugas kegiatan dan memberi petunjuk kepada bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas.

29)    Memeriksa hasil pekerjaan/ pelaksanaan tugas bawahan mengacu pada pedoman, petunjuk dan ketentuan yang berlaku.

30)    Melaporkan hasil kegiatan kepada atasan.

31)    Menyiapkan telaahan staf dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan.

32)    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

(6).      BIDANG PEMBINAAN APARATUR

a.         Tugas Pokok

Menyiapkan bahan,  menghimpun data, membuat rencana/program dan memfasilitasi proses pembinaan aparatur dan kesejahteraan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.

b.        Fungsi :

1)        Menyusun program kerja  pembinaan aparatur

2)        Membagi tugas kepada Sub Bidang Disiplin dan Sub Bidang Kesejahteraan sesuai tugas dan fungsi  masing-masing

3)        Memberikan arahan kepada Sub Bidang

4)        Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja Sub Bidang

5)        Mengoreksi dan menyempurnakan Konsep/Telaahan Staf dari Sub Bidang

6)        Membuat laporan kegiatan kepada atasan

7)        Mengkoordinasikan tugas-tugas dengan Dinas/Badan/unit Satuan Kerja

8)        Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan

c.          Bidang Pembinaan Aparatur  Badan Kepegawaian terdiri dari :

1). Sub Bidang Disiplin

2). Sub Bidang Kesejahteraan

d.        Sub-Sub Bidang dimaksud masing-masing dipimpin oleh Kepala Sub Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bidang Pembinaan Aparatur  Badan Kepegawaian.

1).    Sub Bidang Disiplin

a.      Tugas Pokok :

Menyiapkan bahan,  menghimpun data, menganalisa, membuat Telaahan Staf rencana pembinaan disiplin Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.

b.      Fungsi :

1)        Menyusun program kerja  pembinaan disiplin Pegawai Negeri Sipil

2)        Membagi tugas dan memberikan arahan kepada Pelaksana

3)        Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja Pelaksana

4)        Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijaksanaan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan pembinaan disiplin Pegawai Negeri Sipil

5)        Menghimpun dan mengolah data serta informasi yang berhubungan dengan pembinaan disiplin Pegawai Negeri Sipil

6)        Menginventarisasi permasalahan-permasalahan dan menyiapkan bahan serta telaahan staf untuk pemecahan masalah

7)        Menyiapkan bahan, menyusun jadwal kegiatan rapat Majelis Pertimbangan Pegawai

8)        Memproses Penanganan kasus-kasus pelanggaran disiplin Pegawai Negeri Sipil

9)        Menyiapkan pelaksanaan sosialisasi peraturan disiplin Pegawai Negeri Sipil

10)    Menyiapkan pelaksanaan Bimbingan Teknis Implementasi peraturan disiplin Pegawai Negeri Sipil

11)    Melakukan evaluasi terhadap Rekapitulasi Daftar Hadir Dinas/Badan/Unit Satuan Kerja

12)    Menindaklanjuti laporan Hasil Pemeriksaan Khusus dari Badan Pengawasan Daerah/ Pengawasan fungsional

13)    Melakukan penyimpanan dan menjaga kerahasiaan berkas-berkas kasus pelanggaran disiplin Pegawai Negeri Sipil

14)    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

2).    Sub Bidang Kesejahteraan

a.      Tugas Pokok :

Menyiapkan bahan,  menghimpun data, menganalisa, membuat Telaahan Staf rencana bidang kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.

b.         Fungsi :

1)        Menyusun program kerja  di bidang kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil

2)        Membagi tugas dan memberikan arahan kepada Pelaksana

3)        Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja Pelaksana

4)        Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijaksanaan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang kesejahteraan Pegawai  Negeri Sipil

5)        Menghimpun dan mengolah data serta informasi yang berhubungan dengan bidang kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil

6)        Memproses usul permintaan berhenti/pensiun Pegawai Negeri Sipil/Janda/Duda/Anak

7)        Memproses permohonan Surat Izin/Cuti  sakit di atas 2 (dua) bulan dan Cuti Besar Pegawai Negeri Sipil

8)        Menyampaikan data Pegawai Negeri Sipil yang akan pensiun secara berkala kepada atasan

9)        Memproses usul untuk mendapatkan Kartu TASPEN

10)    Memproses usul untuk mendapatkan Kartu Pegawai (KARPEG)

11)    Memproses usul untuk mendapatkan Kartu Suami (KARSU) dan Kartu Isteri (KARIS)

12)    Memproses usul permintaan uang Muka Tabungan Perumahan (TAPERUM) Pegawai Negeri Sipil

13)    Memproses usul pemberian penghargaan bagi Pegawai Negeri Sipil yang berprestasi

14)    Mengajukan usul untuk mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya bagi Pegawai Negeri Sipil

15)    Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan

E.    Pemeliharaan Lingkungan Kerja
Dalam pemeliharaan lingkungan kerja para Pegawai Negeri Sipil khususnya di lingkungan Badan Kepegawaian Kabupaten Kotawaringin Barat satu sama lain saling bekerja sama dan di bantu oleh para pekerja honor yang ada di lingkungan Badan Kepegawaian Kabupaten Kotawaringin Barat.